Tipe Efek Samping Obat

Dalam setiap obat memiliki karakteristik berbeda beda seperti halnya dari pemberian dosis, struktur molekul obat, khasiat obat, sifat obat, dsb. Serta akan memberikan efek samping yang berbeda pula dengan itu ada beberapa penggolongan tipe efek samping yaitu :

Lebih Lengkap DOWNLOAD

Userscloud ]   [ Zipyshare ]   [[Fileload ]   [ Upfile ]   [ Drive ]



           3 Tipe Jenis Efek Samping Obat atau bisa disebut Adverse Drug Reactions (ADRs) yang dapat merugikan, yaitu tipe A, B, dan C :
        Dimana Efek samping obat adalah suatu reaksi yang tidak diharapkan dan berbahaya yang diakibatkan oleh suatu pengobatan. Efek samping obat, seperti halnya efek obat yang diharapkan, merupakan suatu kinerja dari dosis atau kadar obat pada organ sasaran.

1.  Efek Samping Tipe A
          Efek samping yang sudah terdeteksi saat uji klinik, berkaitan dengan dosis (dose-related) dan timbul berkaitan dengan efek farmakologi (khasiat) dari obat tersebut. semakin tinggi dosis
meningkatkan efek samping yang ditimbulkan, secara umum efek samping tipe A ini tidaklah berat. contohnya penggunaan fenotiasin dapat menimbulkan ekstrapiramidal karena efek anti kolinergiknya, penurunan dosis berkemungkinan dapat menurunkan efek sampingnya.

2. Efek Samping Tipe B
      Efek samping yang berupa alergi obat, efek samping ini umumnya berbahaya, bahkan bisa mengancam jiwa. seperti syok anafilaksis. pemberian ini dikontraindikasikan pada orang yang mengalami alergi ini. efek samping tipe B biasanya tidak terdeteksi pada pengujian klinis I sampai III, tapi mungkin terdeteksi pada pengujian klinis IV.

3. Efek Samping Tipe C
        Efek samping yang sulit dideteksi, efek samping ini timbul akibat pemakaian obat dalam jangka panjang. hubungan antar efek samping ini memang sulit untuk dibuktikan namun sangat diduga kuat berkaitan. contohnya prevalensi kanker payudara meningkat setelah terjadi peningkatan kontrasepsi pil kontrasepsi oral di masyarakat.

          Itulah tipe - tipe efek samping dari suatu obat, jadi untuk efek samping merupakan suatu hal yang merugikan bagi tubuh yang pastinya tidak untuk diharapkan, karena suatu reaksi obat.


Artikel Terkait

  1. Bentuk Sediaan Obat Lengkap - New !!
  2. Cabang Ilmu Farmasi Lengkap
  3. Cangkang Kapsul Dari Babi - New !!
  4. Penjelasan Apoteker - Pharmacy
  5. Prospek Kerja Farmasi - Masa Depan Cerah
  1. Bahan Pengawet Alami dan Buatan Lengkap - New !!
  2. Bahaya Makan Buah Setelah Minum Obat - New !!
  3. Berhubungan Intim Saat Hamil - New !!
  4. Hormon Tiroid Lengkap - New !!

By : Dede Taufiq

0 Response to "Tipe Efek Samping Obat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2