Tekanan Darah Rendah (Hipotensi) Obat, Bahaya Lengkap

Tekanan Darah Rendah (Hipotensi) Obat, Bahaya Lengkap - Selamat malam semua, bulan yang penuh berkah ini bulan ramadhan mudah mudahan kita semua selalu dalam lindungan allah jauh terhindar dari penyakit, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel mengenai hipotensi atau tekanan darah rendah dari obat serta bahayannya.

Tekanan Darah Rendah (Hipotensi) Obat, Bahaya Lengkap terjadi karena lemahnya jantung memompa darah darah sehingga tekanan di dalam jantung rendah sehingga terjadinya tekanan darah yang rendah biasanya ditandai dengan gejala pusing karena asupan oksigen kesuruh tubuh kurang terutama ka obat, untuk lebih lengkapnya silahkan baca di bawah baca juga Contoh Kasus Hipertensi Lengkap Penanggulangannya


Hasil gambar untuk hipotensi

Definisi dan fakta tekanan darah rendah (hipotensi)

  • Tekanan darah rendah , juga disebut hipotensi , adalah tekanan darah yang cukup rendah sehingga aliran darah ke organ-organ tubuh tidak memadai dan gejala dan / atau tanda-tanda aliran darah rendah mengalami syok .
  • Tekanan rendah saja, tanpa gejala atau tanda, biasanya tidak sehat.
  • Gejala - gejala dari tekanan darah rendahtermasuk pusing , pusing , dan pingsan . Gejala-gejala ini paling menonjol ketika individu pergi dari posisi berbaring atau duduk ke posisi berdiri ( hipotensi ortostatik ).
  • Tekanan darah rendah yang menyebabkan aliran darah yang tidak adekuat ke organ tubuh dapat menyebabkan stroke , serangan jantung , dan gagal ginjal . Bentuk yang paling parah adalah syok.
  • Penyebab umum tekanan darah rendah termasuk berkurangnya volume darah, penyakit jantung , dan obat-obatan.
  • Penyebab tekanan darah rendah dapat ditentukan dengan tes darah, pemeriksaan radiologis, dan tes jantung untuk mencari gagal jantung dan aritmia.
  • Pengobatan tekanan darah rendah ditentukan oleh penyebab tekanan rendah.

Apa itu tekanan darah rendah? Apa arti angka-angka ini (bagan dengan rentang)?

Grafik tekanan darah menunjukkan klasifikasi tingkat tekanan darah sistolik dan diastolik.
Tekanan darah adalah gaya yang diberikan oleh sirkulasi darah di dinding pembuluh darah. Ini merupakan salah satu tanda kehidupan yang sangat penting atau tanda-tanda vital yang meliputi denyut jantung, pernapasan , dan suhu. Tekanan darah dihasilkan oleh jantung memompa darah ke arteri yang dimodifikasi oleh respon arteri ke aliran darah.
Tekanan darah seseorang dinyatakan sebagai tekanan darah sistolik / diastolik , misalnya, 120/80.
  • Tekanan darah sistolik (angka atas) mewakili tekanan di arteri saat otot jantung berkontraksi dan memompa darah ke dalamnya.
  • Tekanan darah diastolik (angka bawah) mewakili tekanan di arteri saat otot jantung mengendur setelah kontraksi.
Tekanan darah selalu lebih tinggi ketika jantung memompa (meremas) daripada saat santai.
Kisaran tekanan darah sistolik untuk kebanyakan orang dewasa yang sehat jatuh antara 90 dan 120 milimeter merkuri (mm Hg). Tekanan darah diastolik normal berkisar antara 60 dan 80 mm Hg. Pedoman saat ini menentukan kisaran tekanan darah normal lebih rendah dari 120/80. Tekanan darah di atas 130/80 dianggap tinggi. Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko merusak arteri yang mengarah pada pengembangan:
  • Penyakit jantung
  • Penyakit ginjal
  • Pengerasan arteri (aterosklerosis atau arteriosklerosis )
  • Kerusakan mata
  • Pukulan
Tekanan darah rendah ( hipotensi ) adalah tekanan yang sangat rendah sehingga menyebabkan gejala atau tanda karena aliran darah yang rendah melalui arteri dan vena. Ketika aliran darah terlalu rendah untuk memberikan oksigen dan nutrisi yang cukup ke organ vital seperti otak, jantung, dan ginjal, organ-organ tidak berfungsi normal dan dapat rusak sementara atau permanen.
Tidak seperti tekanan darah tinggi , tekanan darah rendah didefinisikan terutama oleh tanda-tanda dan gejala aliran darah rendah dan bukan oleh jumlah tekanan darah tertentu. Beberapa individu secara rutin mungkin memiliki angka tekanan darah 90/50 tanpa gejala dan oleh karena itu tidak memiliki tekanan darah rendah. Namun, orang lain yang biasanya memiliki tekanan darah tinggi dapat mengalami gejala tekanan darah rendah jika tekanan darah mereka turun menjadi 100/60.
Dalam kehamilan , tekanan darah cenderung menurun. Tekanan darah normal selama kehamilan mungkin lebih rendah dari 100/60. Tekanan darah harus dipantau oleh dokter kandungan selama kehamilan.

Tubuh manusia mempertahankan tekanan darah menggunakan otot-otot jantung.

Bagaimana cara kerja tekanan darah? Apakah tekanan darah rendah berbahaya?

Selama relaksasi jantung (diastole) ventrikel kirijantung terisi dengan darah yang kembali dari paruparu . Ventrikel kiri kemudian berkontraksi dan memompa darah ke arteri (sistol). Tekanan darah di arteri selama kontraksi ventrikel (tekanan sistolik) lebih tinggi karena darah secara aktif dikeluarkan ke arteri. Lebih rendah selama relaksasi ventrikel (tekanan diastolik) ketika tidak ada darah yang dikeluarkan ke arteri. Pulsa yang kita rasakan ketika kita menempatkan jari-jari kita di atas arteri disebabkan oleh kontraksi ventrikel kiri dan pengeluaran darah.
Tekanan darah ditentukan oleh dua faktor: 1) Jumlah darah yang dipompa oleh ventrikel kiri jantung ke arteri, dan 2) resistensi terhadap aliran darah yang disebabkan oleh dinding arteriol (arteri yang lebih kecil).
Umumnya, tekanan darah cenderung lebih tinggi jika lebih banyak darah dipompa ke arteri atau jika arteriol sempit dan / atau kaku. Arterioles sempit dan / atau kaku, dengan melawan aliran darah, meningkatkan tekanan darah. Arterioles dapat menjadi lebih sempit ketika otot di sekitarnya berkontraksi. Arterioles dapat menjadi kaku dan sempit ketika pasien yang lebih tua mengalami atherosclerosis.
Tekanan darah cenderung lebih rendah jika lebih sedikit darah yang dipompa ke arteri atau jika arteriol lebih besar dan lebih lentur dan, oleh karena itu, memiliki lebih sedikit resistensi terhadap aliran darah.
Tubuh memiliki mekanisme untuk mengubah atau mempertahankan tekanan darah dan aliran darah. Ada sensor yang merasakan tekanan darah di dinding arteri dan mengirim sinyal ke jantung, arteriol, pembuluh darah, dan ginjal yang menyebabkan mereka melakukan perubahan yang menurunkan atau meningkatkan tekanan darah.
Ada beberapa cara di mana tekanan darah dapat disesuaikan; dengan menyesuaikan jumlah darah yang dipompa oleh jantung ke dalam arteri (cardiac output), jumlah darah yang terkandung dalam pembuluh darah, resistensi arteriolar, dan volume darah.
  • Jantung dapat mempercepat dan berkontraksi lebih sering dan dapat mengeluarkan lebih banyak darah dengan setiap kontraksi (lebih kuat). Kedua respon ini meningkatkan aliran darah ke arteri dan meningkatkan tekanan darah.
  • Vena dapat mengembang dan menyempit. Ketika pembuluh darah mengembang, lebih banyak darah dapat disimpan di pembuluh darah dan lebih sedikit darah yang kembali ke jantung untuk dipompa ke arteri. Akibatnya, jantung memompa lebih sedikit darah, dan tekanan darah lebih rendah. Di sisi lain, ketika pembuluh darah menyempit, lebih sedikit darah yang tersimpan di pembuluh darah, lebih banyak darah kembali ke jantung untuk memompa ke arteri, dan tekanan darah lebih tinggi.
  • Arterioles dapat meluas dan menyempit. Arteriol yang diperluas menciptakan lebih sedikit resistensi terhadap aliran darah dan menurunkan tekanan darah, sementara arteriol menyempit menciptakan lebih banyak resistensi dan meningkatkan tekanan darah.
  • Ginjal dapat merespon perubahan tekanan darah dengan meningkatkan atau mengurangi jumlah urin yang dihasilkan. Urine terutama adalah air yang dikeluarkan dari darah. Ketika ginjal membuat lebih banyak urin, jumlah (volume) darah yang mengisi arteri dan vena berkurang, dan ini menurunkan tekanan darah. Jika ginjal membuat sedikit urin, jumlah darah yang mengisi arteri dan vena meningkat dan ini meningkatkan tekanan darah. Dibandingkan dengan mekanisme lain untuk menyesuaikan tekanan darah, perubahan produksi urin mempengaruhi tekanan darah secara perlahan selama beberapa jam dan hari. (Mekanisme lain efektif dalam hitungan detik.)
Sebagai contoh, volume darah yang rendah karena perdarahan (seperti ulkus berdarah di lambung atau dari luka parah akibat cedera) dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Tubuh cepat merespon volume darah rendah dan tekanan dengan penyesuaian berikut yang semuanya meningkatkan tekanan darah:
Denyut jantung meningkat dan kekuatan dari kontraksi jantung meningkat, memompa lebih banyak darah melalui jantung.
  • Vena menyempit untuk mengembalikan lebih banyak darah ke jantung untuk dipompa.
  • Aliran darah ke ginjal menurun untuk mengurangi pembentukan urin dan dengan demikian meningkatkan volume darah di arteri dan vena.
  • Arterioles sempit untuk meningkatkan resistensi terhadap aliran darah.
  • Respons adaptif ini akan menjaga tekanan darah dalam kisaran normal kecuali kehilangan darah menjadi begitu parah sehingga responsnya kewalahan.

Apakah tekanan darah buruk bagi kesehatan Anda?

Orang yang memiliki tekanan darah rendah memiliki risiko lebih rendah terkena stroke , penyakit ginjal, dan penyakit jantung .
Atlet, orang-orang yang berolahraga secara teratur, orang-orang yang mempertahankan berat badan ideal, dan bukan perokok cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Tekanan darah rendah diinginkan selama tidak cukup rendah untuk menyebabkan gejala dan kerusakan pada organ-organ dalam tubuh.

Apa gejala dan tanda-tanda tekanan darah rendah?

Ketika tekanan darah tidak cukup untuk mengalirkan darah ke organ tubuh, organ tidak berfungsi dengan baik dan dapat rusak sementara atau permanen. Gejala tekanan darah rendah yang disebabkan oleh kondisi atau penyakit tergantung pada penyebab spesifik dari tekanan darah rendah. Sebagai contoh, jika aliran darah ke otak tidak mencukupi, sel-sel otak tidak menerima cukup oksigen dan nutrisi, dan seseorang dapat merasa pusing, pusing, atau bahkan pingsan.
Gejala tekanan darah rendah yang paling umum termasuk:
  • Lightheadedness
  • Pusing
  • Pingsan ( sinkop )
Gejala tekanan darah rendah karena kondisi atau penyakit meliputi:
  • Hipotensi ortostatik: Pergi dari posisi duduk atau berbaring ke posisi berdiri sering membawa gejala tekanan darah rendah. Ini terjadi karena berdiri menyebabkan darah "menetap" di pembuluh darah bagian bawah tubuh, dan ini dapat menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah sudah rendah, berdiri dapat membuat tekanan rendah semakin buruk, hingga menyebabkan gejala. Perkembangan ringan kepala, pusing, atau pingsan saat berdiri disebabkan oleh tekanan darah rendah disebut hipotensi ortostatik. Individu normal mampu mengkompensasi dengan cepat untuk tekanan rendah yang dibuat dengan berdiri dengan tanggapan yang dibahas sebelumnya dan tidak mengembangkan hipotensi ortostatik.
  • Penyakit jantung: Nyeri dada (gejala angina ) atau bahkan serangan jantung karena tekanan darah tidak cukup untuk mengantarkan darah ke arteri koroner (arteri yang menyuplai darah ke otot jantung), seseorang dapat berkembang.
  • Penyakit ginjal: Ketika darah tidak cukup dikirim ke ginjal, ginjal gagal untuk menghilangkan limbah dari tubuh, misalnya, urea (BUN) dan kreatinin , dan peningkatan kadar mereka dalam darah terjadi.
  • Syok adalah kondisi yang mengancam jiwa di mana tekanan darah yang terus-menerus rendah menyebabkan organ-organ seperti ginjal, hati , jantung, paru-paru, dan otak gagal dengan cepat.
Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

Penyebab Tekanan Darah Rendah - Dehidrasi, perdarahan, dan peradangan

Kondisi yang mengurangi volume darah, mengurangi curah jantung (jumlah darah yang dipompa oleh jantung), dan obat-obatan sering menjadi alasan untuk tekanan darah rendah.
  • Dehidrasi sering terjadi pada pasien dengan mualmuntah , diare , atau olahraga berlebihan yang memperpanjang aliran darah dari organ ke otot. Sejumlah besar air hilang ketika muntah dan diare , terutama jika orang tersebut tidak minum jumlah cairan yang cukup untuk mengganti air yang habis. 

    Penyebab lain dehidrasi termasuk olahraga, berkeringat , demam , dan kelelahan panas , atau stroke panas . Individu dengan dehidrasi ringan mungkin hanya mengalami kehausandan mulut kering . Dehidrasi sedang hingga berat dapat menyebabkan hipotensi ortostatik (dimanifestasikan oleh pusing, pusing, atau pingsan saat berdiri). Dehidrasi yang berkepanjangan dan berat dapat menyebabkan syok, gagal ginjal, kebingungan , asidosis (terlalu banyak asam dalam darah), koma , dan bahkan kematian.
  • Perdarahan sedang atau berat dapat dengan cepat menghabiskan darah tubuh seseorang, yang menyebabkan tekanan darah rendah atau hipotensi ortostatik. Perdarahan dapat terjadi akibat trauma , komplikasi bedah, atau karena kelainan gastrointestinal seperti bisul, tumor, atau diverticulosis . Kadang-kadang, pendarahan bisa begitu parah dan cepat (misalnya, perdarahan dari aortic aneurysm yang pecah ) yang menyebabkan syok dan kematian dengan cepat.
  • Peradangan organ yang parah di dalam tubuh seperti pankreatitis akut dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Pada pankreatitis akut , cairan meninggalkan pembuluh darah untuk memasuki jaringan yang meradang di sekitar pankreas serta rongga perut, memusatkan darah dan mengurangi volumenya.

Penyebab tekanan darah rendah - Penyakit jantung

  • Otot jantung yang melemah dapat menyebabkan jantung gagal dan mengurangi jumlah darah yang dipompa. Salah satu penyebab umum melemahnya otot jantung adalah kematian sebagian besar otot jantung karena serangan jantung tunggal yang besar atau berulang kali serangan jantung yang lebih kecil Contoh lain dari kondisi yang dapat melemahkan kemampuan jantung untuk memompa darah termasuk obat-obatan yang beracun bagi jantung, infeksi otot jantung oleh virus ( miokarditis ), dan penyakit katup jantung seperti stenosis aorta yang mengurangi aliran darah dari jantung dan ke arteri.
  • Perikarditis adalah peradangan perikardium (kantung yang mengelilingi jantung). Perikarditisdapat menyebabkan cairan menumpuk di dalam perikardium dan menekan jantung, membatasi kemampuan jantung untuk memperluas, mengisi, dan memompa darah.
  • Emboli pulmonal adalah suatu kondisi di mana gumpalan darah di vena ( trombosis vena dalam ) pecah dan bergerak ke jantung dan akhirnya paru-paru. Bekuan darah yang besar dapat menghalangi aliran darah ke ventrikel kiri dari paru-paru dan sangat mengurangi darah yang kembali ke jantung untuk memompa. Emboli pulmonal adalah keadaan darurat yang mengancam jiwa.
  • Denyut jantung yang lambat (bradikardi) dapat menurunkan jumlah darah yang dipompa oleh jantung. Denyut jantung istirahat untuk orang dewasa yang sehat adalah antara 60 dan 100 denyut / menit. Bradikardia (detak jantung yang beristirahat lebih lambat dari 60 kali / menit) tidak selalu menyebabkan tekanan darah rendah. Bahkan, beberapa atlet yang sangat terlatih dapat memiliki detak jantung yang beristirahat di usia 40-an dan 50-an (denyut per menit) tanpa gejala apa pun. Denyut jantung yang lambat diimbangi oleh kontraksi jantung yang lebih kuat yang memompa lebih banyak darah daripada di non-atlet. Tetapi pada banyak pasien bradycardia dapat menyebabkan tekanan darah rendah, kepala terasa ringan, pusing, dan bahkan pingsan.
Beberapa alasan umum untuk bradikardia meliputi: 1) sindrom sinus sakit, 2) blok jantung , dan 3) toksisitas obat. Banyak dari kondisi ini terjadi pada orang tua.
  1. Sindrom sinus sakit: Sindrom sinus sakit terjadi ketika sistem kelistrikan jantung yang berpenyakit tidak dapat menghasilkan sinyal listrik cukup cepat untuk mempertahankan detak jantung normal.
  2. Blok jantung: Blok jantung terjadi ketika jaringan khusus yang mengirimkan arus listrik di jantung rusak oleh serangan jantung , degenerasi dari aterosklerosis, dan obat-obatan. Blok jantung mencegah beberapa atau semua sinyal listrik mencapai bagian-bagian jantung, dan ini mencegah jantung berkontraksi serta sebaliknya.
  3. Toksisitas obat: Obat - obatan seperti digoksin ( Lanoxin ) atau beta blocker untuk tekanan darah tinggi dapat memperlambat transmisi listrik di jantung secara kimia dan dapat menyebabkan bradikardia dan hipotensi (lihat bagian "Obat-obatan yang menyebabkan tekanan darah rendah").
Denyut jantung yang cepat tidak normal (takikardia) juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Contoh takikardia paling umum yang menyebabkan tekanan darah rendah adalah fibrilasi atrium . Fibrilasi atrium adalah gangguan pada jantung yang ditandai oleh pengeluaran listrik yang cepat dan tidak teratur dari otot jantung yang menyebabkan ventrikel berkontraksi secara tidak teratur dan (biasanya) cepat. Ventrikel yang berkontraksi cepat tidak memiliki cukup waktu untuk mengisi secara maksimal dengan darah sebelum setiap kontraksi, dan jumlah darah yang dipompa menurun meskipun denyut jantung lebih cepat. Irama jantung lain yang cepat dan abnormal seperti takikardia ventrikel juga dapat menghasilkan tekanan darah rendah, kadang-kadang bahkan syok yang mengancam jiwa.
Obat tekanan darah rendah.

Penyebab tekanan darah rendah - Obat-obatan

Obat-obatan yang menyebabkan tekanan darah rendah
  • Obat-obatan seperti calcium channel blockers , beta blocker, dan digoxin (Lanoxin) dapat memperlambat laju di mana jantung berkontraksi. Beberapa orang lanjut usia sangat sensitif terhadap obat-obatan ini karena mereka lebih mungkin memiliki jantung yang sakit dan jaringan konduksi listrik. Pada beberapa individu, detak jantung dapat menjadi sangat lambat bahkan dengan dosis kecil dari obat-obatan ini.
  • Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi (seperti angiotensin converting enzyme atau ACE inhibitor , bloker reseptor angiotensin, beta blockers, calcium channel blockers, dan alpha blocker) dapat menurunkan tekanan darah secara berlebihan dan mengakibatkan tekanan darah rendah yang bergejala terutama di kalangan orang tua.
  • Pil air (diuretik) seperti hydrochlorothiazide ( HydroDIURIL ) dan furosemide ( Lasix ) dapat menurunkan volume darah dengan menyebabkan buang air kecil yang berlebihan.
  • Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi , seperti amitriptyline ( Elavil ); Penyakit Parkinson, seperti levodopa-carbidopa ( Sinemet ); dan disfungsi ereksi ( impotensi ), seperti sildenafil ( Viagra ), vardenafil ( Levitra ), dan tadalafil ( Cialis ) ketika digunakan dalam kombinasi dengan nitrogliserin , dapat menyebabkan tekanan darah rendah.
  • Alkohol dan narkotika juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah.

Ketegangan lain dari tekanan darah rendah

Kondisi lain yang menyebabkan tekanan darah rendah

  • Reaksi vasovagal adalah kondisi umum di mana orang yang sehat sementara mengembangkan tekanan darah rendah, detak jantung lambat, dan kadang-kadang pingsan. Sebuah vasovagal reaksi biasanya dibawa oleh emosi takut atau nyeriseperti telah diambil darahnya, mulai infus intravena, atau dengan gangguan pencernaan. Reaksi vasovagal disebabkan oleh aktivitas sistem syaraf involunter (otonom), terutama saraf vagus, yang melepaskan hormon yang memperlambat jantung dan memperlebar pembuluh darah. Saraf vagus juga mengontrol fungsi saluran pencernaan dan merasakan aktivitas dalam sistem pencernaan . Dengan demikian, beberapa orang dapat mengalami reaksi vasovagal karena mengejan saat buang air besar atau muntah.
  • Hipotensi postural (ortostatik) adalah penurunan tekanan darah mendadak saat seseorang berdiri dari posisi duduk, jongkok, atau terlentang (berbaring). Ketika seseorang berdiri, gravitasi menyebabkan darah mengendap di pembuluh darah di kaki sehingga lebih sedikit darah kembali ke jantung untuk memompa, dan sebagai hasilnya, tekanan darah turun. Tubuh biasanya merespon secara otomatis terhadap penurunan tekanan darah dengan meningkatkan laju dan mempersempit pembuluh darah untuk mengembalikan lebih banyak darah ke jantung. Pada pasien dengan hipotensi postural , refleks kompensasi ini gagal terjadi, menghasilkan tekanan darah rendah dan gejalanya. Hipotensi postural dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia tetapi jauh lebih umum di antara orang tua, terutama pada mereka yang menggunakan obat untuk tekanan darah tinggi.dan / atau diuretik. Penyebab lain hipotensi postural termasuk dehidrasi, insufisiensi adrenal (dibahas kemudian), istirahat di tempat tidur yang lama, diabetes , dan sindrom neurologis langka tertentu (misalnya, sindrom Shy-Drager) yang merusak saraf otonom.
  • Bentuk lain hipotensi postural terjadi biasanya pada individu muda yang sehat. Setelah berdiri lama, detak jantung dan tekanan darah individu menurun, menyebabkan pusing, mual , dan sering pingsan. Pada individu-individu ini, sistem saraf otonom keliru merespon kedudukan yang lama dengan mengarahkan jantung untuk memperlambat dan vena membesar sehingga mengeluarkan darah dari sirkulasi di arteri.
  • Sinkop miksi adalah penurunan tekanan darah sementara dan hilangnya kesadaran yangdisebabkan oleh buang air kecil. Kondisi ini biasanya terjadi pada pasien usia lanjut dan mungkin karena pelepasan hormon yang menurunkan tekanan darah.
  • Adrenal insufficiency, misalnya, karena penyakit Addison, dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Penyakit Addison adalah gangguan di mana kelenjar adrenalin (kelenjar kecil di sebelah ginjal) dihancurkan. Hilangnya kelenjar adrenalin tidak dapat lagi memproduksi hormon adrenalin yang cukup (khususnya kortisol) yang diperlukan untuk mempertahankan fungsi tubuh yang normal. Kortisol memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah menjaga tekanan darah dan fungsi jantung. Penyakit Addison ditandai dengan penurunan berat badan , kelemahan otot kelelahan , tekanan darah rendah, dan kadang-kadang, penggelapan kulit.
  • Septicemia adalah infeksi berat di mana bakteri (atau organisme infeksi lainnya seperti jamur) masuk ke dalam darah. Infeksi biasanya berasal dari paru-paru (seperti pneumonia ), kandung kemih, atau di perut karena diverticulitis atau batu empedu . Bakteri kemudian memasuki darah di mana mereka melepaskan racun dan menyebabkan tekanan darah rendah yang mengancam jiwa dan mendalam (syok septik), seringkali dengan kerusakan pada beberapa organ.
  • Anafilaksis (syok anafilaktik) adalah reaksi alergi yang berpotensi fatal terhadap obat-obatan seperti penicillin , yodium intravena yang digunakan dalam beberapa penelitian X-ray, makanan seperti kacang tanah, atau sengatan lebah (sengatan serangga). Selain penurunan tekanan darah yang parah, individu juga dapat mengalami gatal - gatal dan mengi karena penyempitan saluran udara, dan tenggorokan bengkak yang menyebabkan kesulitan bernapas. Kejutan ini disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah yang mengandung darah dan keluarnya air dari darah ke jaringan.

Bagaimana saya tahu apakah saya memiliki tekanan darah rendah?

Pada beberapa individu, terutama yang relatif sehat, gejala kelemahan, pusing, dan pingsan meningkatkan kecurigaan tekanan darah rendah. Di lain, suatu peristiwa yang sering dikaitkan dengan tekanan darah rendah, misalnya serangan jantung, telah terjadi menyebabkan gejala.
Mengukur tekanan darah, baik posisi berbaring (terlentang) dan berdiri biasanya merupakan langkah pertama dalam mendiagnosis tekanan darah rendah.Pada pasien dengan tekanan darah rendah bergejala, sering ada penurunan tekanan darah yang jelas saat berdiri, dan pasien bahkan dapat mengalami gejala ortostatik. Denyut jantung sering meningkat. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi penyebab tekanan darah rendah. Kadang-kadang penyebabnya mudah terlihat (seperti kehilangan darah karena trauma, atau kejutan tiba-tiba setelah menerima X-ray dyes yang mengandung yodium). Di lain waktu, penyebabnya dapat diidentifikasi dengan pengujian:
  • CBC (hitung darah lengkap) dapat mengungkapkan anemia dari kehilangan darah atau peningkatan sel darah putih karena infeksi.
  • Pengukuran elektrolit darah dapat menunjukkan dehidrasi dan penipisan mineral, gagal ginjal (gagal ginjal), atau asidosis (kelebihan asam dalam darah).
  • Kadar kortisol dapat diukur untuk mendiagnosis insufisiensi adrenal dan penyakit Addison.
  • Kultur darah dan urin dapat dilakukan untuk mendiagnosis septikemia dan infeksi kandung kemih.
  • Studi radiologi, seperti dada sinar-X , ultrasound perut, dan computerized tomography (CT atau CAT) scan dapat mendeteksi pneumonia , gagal jantung, batu empedu, pankreatitis, dan divertikulitis .
  • Electrocardiograms (EKG) dapat mendeteksi denyut jantung yang sangat lambat atau cepat, perikarditis, dan kerusakan otot jantung baik dari serangan jantung sebelumnya atau berkurangnya suplai darah ke otot jantung yang belum menyebabkan serangan jantung.
  • Rekaman monitor Holter digunakan untuk mendiagnosis episode intermiten ritme jantung yang abnormal . Jika ritme abnormal terjadi sebentar-sebentar, EKG standar yang dilakukan pada saat kunjungan ke kantor dokter mungkin tidak menunjukkan irama yang abnormal. Monitor Holter adalah rekaman terus menerus irama jantung selama 24 jam yang sering digunakan untuk mendiagnosis episode intermiten bradikardi atau takikardia.
  • Perekam kejadian yang diaktifkan oleh pasien: Jika episode bradycardia atau tachycardia jarang terjadi, rekaman Holter 24-jam mungkin tidak menangkap episode sporadis ini. Dalam situasi ini, seorang pasien dapat mengenakan perekam acara yang diaktifkan pasien hingga 4 minggu. Pasien menekan tombol untuk memulai rekaman ketika dia merasakan timbulnya irama jantung yang tidak normal atau gejala yang mungkin disebabkan oleh tekanan darah rendah. Dokter kemudian menganalisa rekaman di kemudian hari untuk mengidentifikasi episode abnormal.
  • Echocardiograms adalah pemeriksaan struktur dan gerakan jantung menggunakan ultrasoundEchocardiograms dapat mendeteksi cairan perikardial karena perikarditis, tingkat kerusakan otot jantung akibat serangan jantung, penyakit katup jantung, dan tumor langka pada jantung.
  • Pemeriksaan ultrasound pada vena tungkai dan CT scan dada dapat mendeteksi trombosis vena dalam dan emboli pulmonal .
  • Tes tilt-table digunakan untuk mengevaluasi pasien yang dicurigai memiliki postural hypotension atau sinkop karena fungsi abnormal saraf otonom. Selama tes tilt-table , pasien berbaring di atas meja pemeriksaan dengan infus intravena yang diberikan saat denyut jantung dan tekanan darah dipantau. Meja kemudian dimiringkan tegak selama 15 menit hingga 45 menit. Denyut jantung dan tekanan darah dimonitor setiap beberapa menit. Tujuan dari tes ini adalah mencoba untuk mereproduksi hipotensi postural. Kadang-kadang dokter dapat memberikan epinefrin ( Adrenalin , Isuprel ) secara intravena untuk menginduksi hipotensi postural.

Apa pengobatan untuk tekanan darah rendah?

Pembacaan tekanan darah rendah pada subyek sehat tanpa gejala atau kerusakan organ tidak memerlukan perawatan. Semua pasien dengan gejala mungkin karena tekanan darah rendah harus dievaluasi oleh dokter. Pasien yang telah mengalami penurunan tekanan darah dari tingkat yang biasa mereka bahkan tanpa perkembangan gejala juga harus dievaluasi.Dokter perlu mengidentifikasi penyebab tekanan darah rendah; obat akan tergantung pada penyebabnya. Misalnya, jika obat menyebabkan tekanan darah rendah, dosis obat mungkin harus dikurangi atau obat dihentikan. Jangan menyesuaikan dosis obat sendiri, dan jangan berhenti minum obat apa pun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  • Dehidrasi diobati dengan cairan dan mineral ( elektrolit ). Dehidrasi ringan tanpa mual dan muntah dapat diobati dengan cairan dan elektrolit oral. Dehidrasi sedang sampai berat biasanya dirawat di rumah sakit atau ruang gawat darurat dengan cairan intravena dan elektrolit.
  • Kehilangan darah dapat diobati dengan mengobati penyebab perdarahan, dan dengan cairan intravena dan transfusi darah. Perdarahan terus menerus dan berat perlu segera diobati.
  • Syok septik adalah keadaan darurat medis dan diobati dengan cairan intravena dan antibiotik.
  • Obat tekanan darah atau diuretik disesuaikan, diubah, atau dihentikan oleh dokter jika mereka menyebabkan gejala tekanan darah rendah .
  • Bradikardia mungkin disebabkan oleh obat. Dokter dapat mengurangi, mengubah, atau menghentikan obat. Bradikardia karena sakit sinus syndrome atau blok jantung diperlakukan dengan alat pacu jantung implan .
  • Takikardia diobati tergantung pada sifat takikardia. Fibrilasi atrium dapat diobati dengan obat oral, electrical cardioversion , atau prosedur kateterisasi yang disebut isolasi vena pulmonal. Takikardia ventrikel dapat dikendalikan dengan obat-obatan atau dengan defibrillator implan .
  • Emboli paru dan trombosis vena dalam diobati dengan pengencer darah, awalnya dengan tipe heparin . Kemudian, warfarin oral Coumadin ) atau obat oral lainnya diganti dengan heparin.
  • Cairan perikardial dari perikarditis dapat dihilangkan dengan prosedur yang disebut pericardiocentesis.
  • Hipotensi postural dapat diobati dengan perubahan pola makan seperti peningkatan air dan asupan garam, * peningkatan asupan minuman berkafein (karena kafein menyempitkan pembuluh darah), menggunakan stoking kompresi untuk menekan urat-urat kaki dan mengurangi pengumpulan darah di vena-vena tungkai, dan pada beberapa pasien, penggunaan obat yang disebut midodrine ( ProAmatine ). Masalah dengan midodrine adalah bahwa ketika itu meningkatkan tekanan darah dalam posisi tegak, tekanan darah terlentang mungkin menjadi terlalu tinggi, sehingga meningkatkan risiko stroke. Peneliti Mayo Clinic menemukan bahwa obat yang digunakan untuk mengobati kelemahan otot pada myasthenia gravis disebutpyridostigmine ( Mestinon ) meningkatkan tekanan darah tegak tetapi tidak supine tekanan darah. Pyridostigmine, obat antikolinesterase, bekerja pada sistem saraf otonom, terutama ketika seseorang berdiri. Efek samping termasuk kram perut ringan atau peningkatan frekuensi buang air besar.
  • Hipotensi postprandial mengacu pada tekanan darah rendah yang terjadi setelah makan. Ibuprofen ( Motrin ) atau indometasin ( Indocin ) mungkin bermanfaat.
  • Sinkop vasovagal dapat diobati dengan beberapa jenis obat seperti beta blockers, misalnya, propanolol ( Inderal , Inderal LA ) dan penghambat reuptake serotonin selektif seperti fluoxetine ( Prozac ), escitalopram oxalate ( Lexapro ), paroxetine ( Paxil ), sertraline ( Zoloft ), citalopram ( Celexa ), dan fluvoxamine ( Luvox ). Fludrocortisone ( Florinef) (obat yang mencegah dehidrasi dengan menyebabkan ginjal (s) untuk menahan air) juga dapat digunakan. Alat pacu jantung juga dapat membantu ketika pasien gagal dalam terapi obat.
  • Obat alami belum terbukti. Beberapa herbal dilaporkan meningkatkan tekanan darah termasuk jahe , rosemary, adas manis, kayu manis, dan merica. Jangan minum herbal tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.
* Catatan: Peningkatan asupan garam dapat menyebabkan gagal jantung pada pasien dengan penyakit jantung yang ada dan tidak boleh dilakukan tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : https://www.medicinenet.com

0 Response to "Tekanan Darah Rendah (Hipotensi) Obat, Bahaya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2